MAZRI TANJUNG : “PARIWISATA HALAL ATAU MUSLIM FRIENDLY TOURISM DAPAT MENJADI KONTRIBUTOR BESAR DALAM MEWUJUDKAN GREEN ECONOMY “

19 Juni 2024 Share :

Minangkabau Halal Festival kembali dilaksanakan di Auditorium Universitas Negeri Padang . Pagelaran Halal Festival ini berlangsung mulai dari tanggal 30 Mei hingga 3 Juni 2024. Acara ini bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah Sumatera Barat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Event Organizer Nasional Syakaa Organizer .

Acara yang bertemakan Halal for Everyone ini mengangkat pembahasan mengenai sosialisasi sertifikasi halal untuk seluruh UMKM dan praktisi halal di Sumatera Barat, guna mensukseskan dan mendorong Sumatera Barat menjadi salah satu Industri Halal dan Masyarakat Ekonomi Syariah terkemuka di Indonesia.

Hotel Rangkayo Basa Group sebagai salah satu Muslim Friendly Hotel di Sumatera Barat turut berkontribusi pada acara ini. General Manager Hotel Rangkayo Basa Group, Bapak Mazri Tanjung menjadi pemateri pada Talkshow “Trend Wisata Halal 2025 Opportunities dan Challenges of Halal tourism to Support Green Economy”.

Talkshow ini dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Pariwisata Perhotelan(FPP) Universitas Negeri Padang dan khalayak umum.  Dalam talkshownya beliau menyampaikan bahwa “Halal tourism atau lebih dikenal dengan Muslim Friendly dan Green Economy berkaitan erat dalam pelaksanaannya”. Lebih lanjut menurut Laporan GMTI (2018) salah satu syarat standar industri perjalanan wisata syariah ialah Menjamin kelestarian Lingkungan.

Merujuk pada QS. Al – A’raf ayat 85 ; “ Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah Tuhan memperbaikinya, yang demikian itu lebih baik bagimu jika betul – betul kamu orang yang beriman.” , Mazri Tanjung yang juga merupakan Sekretaris Eksekutif PPHI (Persatuan Prawisata Halal Indonesia) DPP Sumatera barat, menyampaikan bahwa salah satu jenis pariwisata yang mampu mendukung sustainable tourism adalah Pariwisata Ramah Muslim.

Sumatera Barat berhasil meraih peringkat kedua dalam Penghargaan Adinata Syariah 2024 untuk kategori Sektor Ekonomi Hijau dan Berkelanjutan. Tentunya dengan adanya pemahaman dan dukungan masyarakat Halal tourism ataupun Muslim Friendly Tourism diharapkan dapat berkontribusi besar dalam mendorong terwujudnya Green Economy di Sumatera Barat.

 




  Jl. Hangtuah No.211, Kota Padang, Sumatera Barat 25117

  hotelrangkayobasa@gmail.com

  Hotel Rangkayo Basa

Hotel Rangkayo Basa

Hotel Rangkayo Basa: +62-81374-542385

Hotel Rangkayo Basa Padang: +62-751-891888

Hotel Rangkayo Basa Padang Panjang: +62-752-83600

Rangkayo Basa Guest House: +62-751-8959888

Lavins Guest House: +62-751-4670020